Penulis / NIM
ISWANTO UMAR / 151410469
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
ISWANTO UMAR. 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Materi Kegiatan Jual Beli Melalui Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran IPS Di Kelas III SDN Bungawon Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I dan II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Rumusan masalah yang diformulasikan dalam penelitian ini adalah ”Apakah minat belajar siswa kelas III SDN Bungawon Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai dalam pembelajaran IPS dapat ditinggatkan melalui metode bermain peran ?
Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN Bungawon Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai dalam pembelajaran IPS melalui model bermain peran dengan penelitian menggunakan empat langkah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahap persiapan, tahap tindakan, tahap monitoring, dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil Penelitian adalah pada siklus I ternyata belum mencapai hasil yang optimal dengan capaian rata- rata 24% memiliki minat belajar. Hal ini ditunjukkan dengan masih kurangnya minat siswa dalam memahami materi terutama pada pembelajaran IPS. Sedangkan penelitian tindakan yang dilakukan pada siklus II telah mencapai indikator kinerja yang sesuai dengan harapan/ berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya dengan hasil capaian 78,5%. maka metode bermain peran telah berhasil meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN Bungawon Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai sesuai dengan indikator yang diharapkan.
Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Metode Bermain Peran
Download berkas