SKRIPSI

Penulis / NIM
HELDAWATI / 151410470
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK HELDAWATI NIM. 151 410 470“Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Materi Masalah-Masalah Sosial Melalui Model STAD Di Kelas IV SDN Badumpayan.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial di kelas IV SDN Badumpayan Kecamatan Banggai. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model STAD pada materi masalah-masalah sosial pada mata pelajaran IPS di kelas IV di SDN Badumpayan Kecamatan Banggai. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian akan dihentikan jika jumlah siswa yag mengalami peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi masalah-masalah sosial terjadi peningkatan dari 7 orang atau 34 % menjadi 76% atau sekitar 16 orang dengan nilai rata-rata di atas 65. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV SDN SDN Badumpayan. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang memperoleh nilai tinggi atau di atas 65 berjumlah 17 siswa atau 63% dan siswa yang memperoleh nilai rendah atau di bawah 65 berjumlah 10 siswa atau 37%. Pada siklus II Siswa yang memperoleh nilai tinggi atau di atas 65 berjumlah 22 siswa atau 81% dan siswa yang memperoleh nilai rendah atau dibawah 65 berjumlah 5 siswa atau 19%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial di kelas IV SDN Badumpayan Kecamatan Banggai. Kata kunci: Hasil belajar, Masalah-masalah sosial, Model STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011