Penulis / NIM
SRI OKTAVIANI SUDE / 151411008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Sri Oktaviani Sude. 2015. Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Djafar, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah Apakah metode struktur analitik sintetik kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas II SDN 6 Limboto Barat dapat ditingkatkan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dalam penggunaan metode struktur analitik sintetik pada siswa kelas II SDN 6 Limboto Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Pada observasi awal kemampuan siswa dari 40 siswa yang mampu menulis sebesar 40% atau 16 siswa. Sedangkan Siklus I yang mampu menulis sebesar 22 siswa atau 55%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan yang dicapai pada siklus I belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Dan pada siklus II sudah mencapai sebesar 32 siswa atau 80% meningkat sebesar 25% dari siklus I. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode struktur analitik sintetik kemampuan menulis pada siswa kelas II SDN 6 Limboto Barat meningkat dengan indicator sesuai yang diharapkan.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Metode Struktur Analitik Sintetik
Download berkas