SKRIPSI

Penulis / NIM
SALMA ABDURAHMAN / 151411010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Salma, Abdurahman. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Pemahaman Siswa Belajar Matematika Di Kelas III SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kurangnya pemahaman siswa belajar matematika di kelas III SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo? Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya pemahaman siswa belajar matematika di kelas III SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah Pendekatan deskriptif melalui observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya pemahaman siswa belajar matematika di kelas III SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo yaitu pertama, faktor guru meliputi latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, dan pemanfaatan waktu. Kedua, faktor siswa yaitu minat, perhatian dan kebiasaan belajar. Ketiga, faktor fasilitas meliputi perpustakaan sekolah dan buku-buku pelajaran. Jadi, disimpulkan bahwa faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kurangnya pemahaman siswa belajar matematika di kelas III SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo adalah faktor siswa meliputi minat, perhatian dan kebiasaan belajar. Serta faktor fasilitas meliputi perpustakaan sekolah dan buku-buku pelajaran. Kata Kunci: Faktor-faktor Kurangnya Pemahaman, Matematika. ABSTRACT Salma, Abdurahman. 2015. Factors Affecting Lack of Understanding Student Learning Math In Class III SDN No. 77 Central City of Gorontalo. Thesis, Department of Gorontalo. With Supervisior I, Dra. Martianty Nalole, M.Pd and Supervisior II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. As for the formulation of the problem in this study are the factors that influence whether a lack of understanding of students learning mathematics in class III SDN No. 77 Central City of Gorontalo? With the aim of this study was to describe the factors that contributed to the lack of understanding of students learning mathematics in class III SDN No. 77 Central City of Gorontalo. The method used in this research is qualitative descriptive method through observation and interviews. This type of research is qualitative. Based on the results of research and discussion that the factors that contributed to the lack of understanding of students learning mathematics in class III SDN No. 77 Central City of Gorontalo: first, teachers factors include teacher education background, teaching experience, and the use of time. Second, student factor is the interest, attention and study habits. Third, factors include the school library facilities and textbooks. Thus, it was concluded that the factors which influence the lack of understanding of students learning mathematics in class III SDN No. 77 Central City of Gorontalo is a factor students include interest, attention and study habits. As well as factors include the school library facilities and textbooks. Keywords: Factors Lack of Comprehension, Mathematics.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011