Penulis / NIM
DESAK NYOMAN SRI ASTUTI / 151411012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Desak Nyoman Sri Astuti 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas dan Bunyi Di Kelas IV SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo . Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi energi panas dan bunyi di kelas IV SDN 3 telaga kabupaten gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi energi panas dan bunyi di kelas IV. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode true experiment dengan rancangan Pretest and Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Telaga. Diambil satu kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh media pembelajaran mind map terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen (77,05) sedangkan di kelas kontrol (58,62)
Kata Kunci : Media, Mind Map dan Hasil belajar
ABSTRACT
Desak Nyoman Sri Astuti 2015. Influence Of Media Learning Mind Map Against Student Results In Heat Energy Materials and Sounds In Class IV SDN 3 Telaga Gorontalo district. Skripsi, Department Of Education Studies Program Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Supervisor I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si and supervisor II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
The problem in this study is whether there is influence learning media mind map of the learning outcomes of students on the material of heat energy and noise in class IV State Primary SDN 3 Telaga Gorontalo district. The goal is to determine the effect of learning media mind map of the learning outcomes of students on the material of heat energy and noise in class IV. This research was conducted by using true experiment with the design of pretest and posttest control group design.
The population in this study were all fourth grade students of State Elementary in class IV SDN 3 Telaga. Taken one class as a sample, the withdrawal of the sample using cluster random sampling technique. The independent variable in this study is the medium of learning and the dependent variable in this study is the result of learning. This study used a test instrument. Based on the research results, there are significant learning media mind map of the learning outcomes of students, with the average value of the learning outcomes of students in the experimental class (77.05) while in the control class (58.62)
Keywords: Media, Mind Map and Learning Outcomes
Download berkas