Penulis / NIM
SRI FITRIYANI / 151411013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Sri Fitriyani. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Evi Hasim, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran example non example kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana melalui model example non example pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Aspek yang dinilai yaitu meliputi struktur kalimat, pilihan kata, ejaan, tanda baca dan kesesuaian isi gambar dengan karangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo termasuk dalam kriteria baik ditunjukkan dengan nilai hasil tes kemampuan siswa pada siklus I, dimana siswa yang mampu ada 8 siswa atau sebesar 44% dan sisanya 10 siswa atau sebesar 56% tidak mampu. Pada siklus II siswa yang mampu 16 siswa atau sebesar 89% dan sisanya 2 siswa atau sebesar 11% tidak mampu. Kesimpulannya melalui model example non example dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Menulis Karangan Sederhana, Example Non Example
Download berkas