Penulis / NIM
SUCIYANTI PAKAYA / 151411021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Suciyanti Pakaya. 2015. Penerapan Model Picture and Picture Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menjadi subyek penelitian adalah guru wali kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo masih kurang baik dalam menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS pada kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, karena dalam menggunakan atau pelaksanaan model Picture and Picture belum sesuai dengan langkah-langkah model Picture and Picture, dan hanya menerapkan model Picture and Picture dengan caranya sendiri tanpa melihat buku pedoman pelaksanaan model Picture and Picture.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dalam kegiatan belajar mengajar dari 10 aspek yang diamati untuk langkah-langkah model Picture and Picture yang nampak hanya 7 aspek sehingga penerapan model Picture and Picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo masih kuirang baik, karena belum sesuai dengan langkah-langkah model Picture and Picture
Kata Kunci : Pembelajaran, IPS, Picture and Picture
Download berkas