Penulis / NIM
RIRI SEWANG / 151411024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Riri Sewang, 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada siswa Kelas 3SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj. Salma Halidu S.Pd M.Pd, dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad S.Pd M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan proses di kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi pada pembelajaran berlangsung.
Hasil observasi awal siswa yang terampil menulis karangan deskripsi 5 orang atau 25% dan belum terampil 15 orang atau 75%. Pada pelaksanaan siklus I meningkat yang terampil 13 orang atau 65% dan yang belum terampil 7 orang atau 35%. Pada siklus II yang terampil sebanyak 17 orang atau 85% dan yang belum terampil 3 orang atau 15%. Disimpilkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi
Kata Kunci : Menulis Karangan Deskripsi dan Keterampilan Proses
Download berkas