Penulis / NIM
ZULKIFLI DJ. IBRAHIM / 151411025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Zulkifli DJ. Ibrahim. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw di Kelas V SDN 7 Bulango Utara. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai,M.Pd dan Pembimbing II Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model pembelajaran type jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana di kelas V SDN 7 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango akan meningkat. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran type jigsaw dalam penggunaan alat peraga pesawat sederhana pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 7 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I dari 11 Siswa hanya 5 orang siswa yang mampu atau tuntas dengan presentase 45,45% dan yang tidak mampu sebanyak 6 siswa atau 54,55% . sedangkan pelaksanaan siklus II ada 10 orang siswa yang tuntas atau 91% dan yang tidak tuntas berjumlah 1 siswa dengan presentase 9%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type jigsaw hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi pesawat sederhan pada siswa SDN 7 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw, Hasil Belajar Pesawat sederhana
Zulkifli DJ. Ibrahim. 2018. Improving Student Learning Outcomes in Simple Plane Material Through Type Jigsaw Cooperative Learning Model in Class V of SDN 7 Bulango Utara. Thesis, majoring in Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, M.Pd and Advisor II Sukirman Rahim, S.Pd, M.Sc.
The problem in this study is whether through the jigsaw type learning model can improve student learning outcomes on simple aircraft material in class V SDN 7 Bulango North Bone Bolango Regency will increase. This study aims to determine the increase in learning outcomes with the type of jigsaw learning model in the use of simple aircraft props in science learning in class V SDN 7 Bulango Utara Bone Bolango District. This type of research is classroom action research.
The results of the study on the implementation of the first cycle of 11 students were only 5 students who were able or complete with a percentage of 45.45% and those who were not as many as 6 students or 54.55%. while the implementation of the second cycle there were 10 students who completed or 91% and those who did not complete numbered 1 student with a percentage of 9%. Based on the results of the research and discussion that have been carried out, it is concluded that by applying the cooperative learning model type jigsaw student learning outcomes in Natural Sciences (IPA) simple plane material to students of SDN 7 Bulango Utara, Bone Bolango Regency increases.
Keywords: Cooperative Learning Model type Jigsaw, Simple Plane Learning Outcomes
Download berkas