Penulis / NIM
ROSWATI HAPILI / 151411029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Roswati Hapili. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Peristiwa Alam Beserta Dampaknya Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi peristiwa alam beserta dampaknya di kelas V SDN 1 Telaga Kabupeten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang peristiwa alam beserta dampaknya melalui media audio visual di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam satu siklus saja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 26 orang.
Berdasarkan indikator pencapaian kinerja bahwa minimal 75 % siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dikenai tindakan dengan memperoleh nilai 75 ke atas, maka dari hasil penelitian yang telah dilakukan hasil belajar siswa sudah meningkat dengan diperoleh hasil pada siklus I yang memperoleh nilai 75 ke atas 96,15% dengan memperoleh daya serap 89,46%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi peristiwa alam beserta dampaknya.
Kata kunci : Hasil belajar, Media audio visual
Download berkas