Penulis / NIM
RISNA N. TUTU / 151411030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Risna N Tutu, 2016. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 2 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin,S.Pd. M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara, Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPA dapat berupa pemberian penguatan, dan memberikan stimulus kepada siswa berupa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan atau keadaan lingkungan tempat tinggal dengan disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Guru juga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa mengungkapkan apa saja yang mereka ketahui. Serta hal lain yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yakni dengan memberi angka, hadiah, pujian, gerakan tubuh, memberi tugas, memberikan ulangan, mengetahui hasil dan hukuman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar sisa sudah baik, hal ini dilihat dari beberapa hal yang telah dilakukan oleh guru dalam pembelajaran yang telah diuraikan sebelumnya.
Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Pelajaran IPA
â
Download berkas