Penulis / NIM
ISTI HARDIYANI KATILI / 151411035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Isti H. Katili. 2015. Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode SAS Siswa Kelas I SDN I Ponelo Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi jurusan pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas ilmu pendidikan guru . Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II. Dra Evi Hasim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode SAS siswa kelas I SDN I ponelo kecamatan ponelo kepulauan.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS siswa kelas I SDN I Ponelo kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bisa dikatakan berjalan dengan baik karena hasil yang telah dicapai sesuai dengan keinginan. Dimana siswa-siswa dapat mencapai hasil yang optimal. Siswa yang mampu membaca permulaan dengan metode SAS adalah 17 orang atau 80,95%, siswa yang kurang mampu membaca permulaan dengan metode SAS adalah 3 orang atau 14.28 %, dan siswa yang tidak mampu membaca permulaan dengan metode SAS adalah 1 orang atau 8.33%.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS siswa kelas SDN I Ponelo Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara sudah maksimal.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Metode SAS
â
Download berkas