SKRIPSI

Penulis / NIM
YULAN ARSAD / 151411038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Yulan Arsad. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.P.d Pembimbing I dan pembimbing II Hj.Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah metode demonstrasi dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga, Kabupaten Gorontalo?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi pada pembelajaran berlangsung. Observasi awal siswa yang mampu menulis pantun 6 orang atau 23% dan belum mampu 20 orang atau 76%. Selanjutnya dilakukan siklus I meningkat yang mampu 16 orang atau 61% dan belum mampu 10 orang atau 38%. Pada siklus II siswa yang telah mampu menulis pantun sebanyak 24 orang atau 95% dan yang belum mampu menulis pantun yang benar sebanyak 2 orang atau 5%. Disimpulkan bahwa menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam menulis pantun yang benar. Kata Kunci: Menulis, Pantun, Demonstrasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011