Penulis / NIM
YULAN ARSAD / 151411038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Yulan Arsad. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.P.d Pembimbing I dan pembimbing II Hj.Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah metode demonstrasi dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SDN 6 Telaga, Kabupaten Gorontalo?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi pada pembelajaran berlangsung.
Observasi awal siswa yang mampu menulis pantun 6 orang atau 23% dan belum mampu 20 orang atau 76%. Selanjutnya dilakukan siklus I meningkat yang mampu 16 orang atau 61% dan belum mampu 10 orang atau 38%. Pada siklus II siswa yang telah mampu menulis pantun sebanyak 24 orang atau 95% dan yang belum mampu menulis pantun yang benar sebanyak 2 orang atau 5%. Disimpulkan bahwa menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam menulis pantun yang benar.
Kata Kunci: Menulis, Pantun, Demonstrasi.
Download berkas