Penulis / NIM
ELISTIN KALAY / 151411039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Elistin Kalay. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Kelas V SDN 8 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu "Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas V SDN 8 Atinggola pada mata pelajaran IPA?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di kelas V SDN 8 Atinggola pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Kehadiran peneliti dalam pelaksanaan penelitian sebagai instrument pengumpul data di samping instrument pendukung lainnya. Kehadiran peneliti juga diketahui sebagai status peneliti oleh pihak sekolah seta guru dan siswa kelas V di SDN 8 Atinggola. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN 8 Atinggola Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket (kuisioner), dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN 8 Atinggola terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal meliputi: rendahnya intelegensi, kurangnya bakat, kurangnya minat belajar, kurangnya bakat, dan faktor eksternal meliputi: faktor alat dan sarana pembelajaran, dan faktor kurikulum.
Kata Kunci: Motivasi Belajar
Download berkas