SKRIPSI

Penulis / NIM
INGGRID LAKSMI BULUATI / 151411043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Inggrid Laksmi Buluati, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga KIT IPA Pada Materi Energi Cahaya Di Kelas V SDN 03 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Sukirman Rahim, M.si, Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi energi cahaya di kelas V SDN 03 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan alat peraga KIT IPA dapat meningkat, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga KIT IPA pada materi energi cahaya di kelas V SDN 03 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Hipotesis tindakan penelitian ini jika guru menggunakan alat peraga KIT IPA maka hasil belajar siswa tentang materi energi cahaya pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 03 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prnggunaan alat peraga KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi Cahaya, Alat Peraga KIT IPA. ABSTRACT Ingrid Lakshmi Buluati, 2015. Improving Student Results Using Viewer Tool KIT IPA On Light Energy Materials In Class V SDN 03 Lake District Lake District of Gorontalo. SI-PGSD Studies Program Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Supervisor: Dr. Sukirman Rahim, M.si, Advisor II Drs. DjotinMokoginta, M.Pd. Issues examined in this study was whether student learning outcomes in light energy material in class V SDN 03 TelagaTelagaGorontalo District Subdistrict using props KIT IPA can be increased, with the aim of research to find out the process of improving student learning outcomes by using props KIT IPA the light energy materials in class V SDN 03 Lake District Lake District of Gorontalo. The hypothesis of this research action if the teacher uses props KIT IPA, the results of student learning about the material of light energy on science teaching in class V SDN 03 Telaga District of Gorontalo district will increase. The results showed that after the act of the first cycle and second cycle, an increase in student learning outcomes in accordance with predetermined performance indicators can thus be concluded that prnggunaan props KIT IPA can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Light Energy, Viewer Tool KIT IPA.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011