Penulis / NIM
TITIN PASAU / 151411046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Titin Pasau, 2015. Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Kelas V SDN 4 Telaga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan pembimbing II Nurhayati Tine S,PdI M,Hi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana peran guru dalam proses belajar mengajar dan bagaimana upaya guru dalam memotivasi siswa belajar PKn?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam proses belajar mengajar dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam memotivasi siswa belajar PKn.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran guru terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn dilakukan guru wali kelas V SDN 4 Telaga yaitu penggunaan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, penggunaan media yang menarik, memberikan motivasi, serta dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif diyakini mampu membangkitkan maupun meningkatkan motivasi siswa dalam belajar PKn. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn kelas V SDN 4 Telaga yang dilakukan guru dengan berbagai metode dan media yang bervariasi tetapi ada pula kendala dan faktor pendukung yang dihadapi guru dalam memotivasi siswa untuk belajar PKn.
Kata kunci: Peran guru, Motivasi belajar
Download berkas