Penulis / NIM
DESTA ABAS / 151411047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Abstark
Desta Abas. 2015. Menganalisis Kesalahan Berbahasa Dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Dudepo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi sebagai syarat mengikuti Ujian Sarjana Pendidikan di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2015, Pembimbing I, Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan Berbahasa Dalam Karangan pada siswa kelas IV SDN Dudepo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahaman siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Dudepo Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan masih kurang. Dari 24 orang siswa yang melakukan kesalahan dengan bentuk-bentuk kesalahan indikator yaitu pertama kesalahan menetukan judul karangan terdapat 9 orang siswa atau 37,5%, kedua kesalahan pemilihan kosa kata yang tepat terdapat 8 orang siswa atau 33,3%, ketiga yaitu kesalahan pada sistematika penulisan, ejaan dan tanda baca terdapat 12 orang siswa atau 50%, dan yang keempat kesalahan menghubungkan tema dengan isi karangan terdapat 6 orang siswa atau 25% yang melakukan kesalahan tesebut.
Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Menulis
ABSTRACT
Desta Abas. 2015. Analyzing Errors Speak In Writing Essay Grade Students Description IV SDN Dudepo Bolaang South Mongondow. Thesis as a condition of Graduate Education Examination at the Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo, 2015, Supervisor I, Dra. Hj. Evi Hasim, Pd, and Supervisor II Wiwy Pulukadang T., S. Pd, M. Pd,
this study aimed to describe the error Speak In the essay in grade IV SDN Dudepo Bolaang South Mongondow. The method used in this experiment is descriptive qualitative method. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. The results showed that the level of understanding of students in essay writing in class IV SDN description Dudepo Bolaang District of Uki Bolaang South Mongondow still lacking. Of the 24 students who make mistakes with other forms of fault indicators which determine the title essay first mistake there are 9 students or 37.5%, the second error election right vocabulary there are 8 students, or 33.3%, the third is an error on systematic
Keywords: Analysis, Error, Writing
Download berkas