SKRIPSI

Penulis / NIM
DESTA ABAS / 151411047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Abstark Desta Abas. 2015. Menganalisis Kesalahan Berbahasa Dalam Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Dudepo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi sebagai syarat mengikuti Ujian Sarjana Pendidikan di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2015, Pembimbing I, Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan Berbahasa Dalam Karangan pada siswa kelas IV SDN Dudepo Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahaman siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN Dudepo Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan masih kurang. Dari 24 orang siswa yang melakukan kesalahan dengan bentuk-bentuk kesalahan indikator yaitu pertama kesalahan menetukan judul karangan terdapat 9 orang siswa atau 37,5%, kedua kesalahan pemilihan kosa kata yang tepat terdapat 8 orang siswa atau 33,3%, ketiga yaitu kesalahan pada sistematika penulisan, ejaan dan tanda baca terdapat 12 orang siswa atau 50%, dan yang keempat kesalahan menghubungkan tema dengan isi karangan terdapat 6 orang siswa atau 25% yang melakukan kesalahan tesebut. Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Menulis ABSTRACT Desta Abas. 2015. Analyzing Errors Speak In Writing Essay Grade Students Description IV SDN Dudepo Bolaang South Mongondow. Thesis as a condition of Graduate Education Examination at the Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo, 2015, Supervisor I, Dra. Hj. Evi Hasim, Pd, and Supervisor II Wiwy Pulukadang T., S. Pd, M. Pd, this study aimed to describe the error Speak In the essay in grade IV SDN Dudepo Bolaang South Mongondow. The method used in this experiment is descriptive qualitative method. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. The results showed that the level of understanding of students in essay writing in class IV SDN description Dudepo Bolaang District of Uki Bolaang South Mongondow still lacking. Of the 24 students who make mistakes with other forms of fault indicators which determine the title essay first mistake there are 9 students or 37.5%, the second error election right vocabulary there are 8 students, or 33.3%, the third is an error on systematic Keywords: Analysis, Error, Writing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011