Penulis / NIM
NOVIASTATI Y. DOMILI / 151411049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Noviastati Domili, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 4 Telaga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan pembimbing II Dr. Djotin Mokoginta, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA Kelas V SDN 4 Telaga". Dan memiliki tujuan "untuk mendeskripsikan model penerapan pembelajaran inquiri pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Telaga"
Penelitian deskriptif kulitatif ini dilaksanakan mulai dari Tgl 29 April sampai dengan selesai, dengan beberapa kali melakukan observasi penelitian. Prosedur penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri pada pembelajarn IPA di kelas V SDN 4 Telaga ini sudah baik dalam penerapannya tetapi masih belum maksimal, untuk itu dalam penerapan model pembelajaran Inquiri tersebut membutuhkan waktu dua atau tiga kali pertemuan, karena keterbatasan waktu belajar, sehingga memaksimalkan siswa untuk berfikir kritis secara cepat sangat sulit, akan tetapi sudah ada beberapa siswa yang mampu berfikir secara cepat, dan masih ada juga beberapa siswa yang kurang memiliki rasa percaya diri untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran.
Penulis menyarankan kepada wali kelas V selaku guru mata pelajaran IPA, untuk menerapkan model pembelajaran inquiri ini lebih sering, karena model pembelajaran inquiri ini dapat membuat siswa lebih cerdas dengan sering melatih otak siswa untuk berfikir, dan juga menciptakan siswa-siswi yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pendekatan, Penerapan, Inquiri
Download berkas