Penulis / NIM
AYATI / 151411050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
AYATI. 2015. PERAN GURU TERHADAP SEMANGAT KEBANGSAAN SISWA SDN 8 KOTA BARAT KOTA GORONTALO. Skripsi SI, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Hj.Hakop Walangadi,M.Si dan pembimbing II Drs.H.Haris Mahmud,S.Pd,M.Si
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Peran Guru Terhadap Semangat Kebangsaan Siswa SDN 8 Kota Barat Kota Gorontalo?" adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru terhadap semangat kebangsaan siswa SDN 8 Kota Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru terhadap semangat kebangsaan siswa sudah cukup baik, meskipun masih ada beberapa yang perlu di perbaiki. Hal ini dilihat dari: 1) peraturan yang dibuat guru bagi siswa yang datang terlambat tidak diperkenankan langsung memasuki kelas melainkan harus menerima tugas sebagai sangsi karena sudah melanggar peraturan, tetapi pada kenyataanya masih ada siswa yang selalu datang terlambat, 2) saat pelaksanaan upacara guru membimbing siswa untuk disiplin tetapi masih saja siswa tidak disiplin, 3) guru membuat peraturan di kelas selama proses pembelajaran dengan tidak keluar masuk kelas saat pembelajaran berlangsung namun peraturan tersebut selalu diabaikan oleh siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, guru berupaya melakukan cara yang dapat membangun semangat siswa, yakni dengan pada peraturan yang sudah ada sebelumnya hanya saja guru lebih mempertegas menerapkan peraturan-yang sudah ada serta memberi sangsi bagi siswa yang melanggar peraturan.
Kata Kunci: Peran guru dan semangat kebangsaan
Download berkas