SKRIPSI

Penulis / NIM
SITTY NUR DJANA PAPUTUNGAN / 151411054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Sitty Nurjana Paputungan. 2015. Deskripsi penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN 01 Talaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Dra. Samsiar Rival, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana deskripsi penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN 01 Talaga Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Talaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu merupakan penelitian yang menggambarkan suatu keadaan yang diteliti atau diamati. Dengan kata lain, penelitian ini tidak menggunakan perhitungan, melainkan suatu prosedur yang dihasilkan dari data deskriptif berupa data tulis atau data lisan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan pengamatan proses pembelajaran yang dilaksanakan pada hari senin 11 mei 2015, peneliti mengamati bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika pada meteri operasi hitung campuran terlihat baik, dimulai dari tahap penyampaian tujuan pembelajaran sampai dengan kegiatan mengakhiri pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran operasi hitung campuran belum terlihat baik. Kata Kunci : Deskripsi, Metode Demonstrasi, Operasi Hitung Campuran ABSTRACT Sitty Nurjana Paputungan. 2015. Method descriptions of the use of demonstration method in teaching arithmetic operations on a mixture of fourth grade students of SDN 01 Talaga Gorontalo district. Paper, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo, Supervisor I, Dra. Samsiar Rival, S. Pd, M. Pd and Supervisor II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Based on the formulation of the problem in this research is how the application of the method of use descriptions demonstration method in teaching arithmetic operations mixture in the fourth grade students of SDN 01 Talaga Gorontalo district. This study aimed to describe the use of demonstration method in teaching arithmetic operations mixture in the fourth grade students of SDN 01 Telaga Gorontalo Regency The subjects of this study were teachers and students of class IV SDN 01 Talaga Gorontalo district. The research method used is descriptive qualitative research methods. Qualitative research is a research that describes a state of the studied or observed. In other words, this study did not use a calculation, but rather a procedure resulting from descriptive data in the form of a data write or data orally. Based on observations, interviews and observations of the learning process that is carried out on Monday, 11 May 2015, researchers observed that the use of methods of demonstration in mathematics at meteri mixture arithmetic operation has not done well, starting from the delivery phase of the learning objectives to terminate the activities of the learning has not done well. It can be concluded that the use of demonstration method in teaching arithmetic operations mixture has not done well because it does not correspond to the steps of the methods demonstration. Keywords: descriptions, Methods Demonstration, Operation Count Mixed
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011