Penulis / NIM
IRMA MIRANTI LUNETO / 151411057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Irma Miranti Luneto, 2016. Peran Guru Dalam Menarik Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra.Hj Hakop Walangadi M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Peran Guru Dalam Menarik Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS, 2. Apa Saja Yang Menjadi Kendala Guru Dalam Menarik Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS, 3. Bagaimana Solusi Guru Dalam Menarik Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menarik minat belajar siswa pada pembelajaran IPS, Mendeskripsikan solusi yang ditempuh guru dalam menarik minat belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu peran guru dalam menarik minat belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo hasil penelitian ini berdasarkan hasil penelitian.Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. peran guru sudah seperti yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang terdapat ditemuan umum dan khusus.
Simpulan dari penelitian ini adalah guru telah menjalankan perannya dengan baik dalam pembelajaran,khusunya pada pembelajaran IPS,baik sebagai pengelola kelas, motivator dan fasilitator
Kata Kunci: Peran Guru, Minat Belajar
Download berkas