Penulis / NIM
MERLIN ALI / 151411059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
MERLIN ALI. 2015. PENERAPAN DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS RENDAH SD LAB UNG KOTA GORONTALO. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.si dan dan pembimbing II Samsi Pomalingo. S. Ag, M.A.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana cara penerapan disiplin pada siswa?, Apa kesulitan guru dalam penerapan disiplin?, dan apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan itu?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan disiplin siswa kelas rendah SD LAB UNG, untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam penerapan disiplin, dan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan itu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan jenis penelitiannya kualitatif. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan disiplin siswa di kelas rendah baik dan telah nampak dari segi siswa berperilaku sopan terhadap guru dan cara siswa berpakaian, tapi untuk kedisiplinan waktu pada siswa hanya memerlukan kerja sama yang baik dengan orang tua saja. Secara umum guru memegang peranan penting dalam proses penerapan disiplin bagi siswa. Untuk menerapkan disiplin siswa melalui mata pelajaran PKn dapat dilakukan melalui pemebelajaran dengan cara pemberian materi dan memberikan contoh yang konkrit di lapangan sehingga siswa memahami arti pentingnya kedisiplinan ini.
Kata Kunci: Perilaku Disiplin dan Pembelajaran PKn
Download berkas