Penulis / NIM
YULITA WICANDRA MAMONTO / 151411060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Yulita Wicandra Mamonto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Drs.Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnaments (TGT) pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ?". Dengan tujuan untuk memperoleh informasi/gambaran tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnaments (TGT) pada Mata pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN 1 Modayag, maka dapat diambil kesimpulan bahwa guru sudah baik dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) di SDN 1 Modayag. Hal ini dikarenakan guru sudah tepat dalam menerapkan rencana pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran serta kreatif dalam memvariasikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT).
Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT), Pembelajaran IPA
Download berkas