SKRIPSI

Penulis / NIM
LIANA MOKOGINTA / 151411064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Liana Mokoginta. 2015. Penerapan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas negeri gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr.l Abdul Haris Panai M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan penerapan metode eksperimen. adapun prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan penerapan metode eksperimen dalam mata pelajaran IPA khususnya yang menyangkut materi perubahan wujud benda telah dilakukan oleh guru kelas V SDN 7 Talaga Jaya. dalam penerapan metode ini, para guru telah melaksanakannya dengan cukup baik. persiapan meliputi penyediaan alat peraga. pelaksanaannya melingkupi penyampaian materi dan evaluasi dengan cara memberikan pada siswa untuk mempraktekan dan mengajukan pertanyaan dan tugas menyangkut materi. penggunaan metode eksperimen biasanya bersinergi dengan metode lain berupa metode ceramah, karenanya guru menguasai metode lain. akan tetapi guru hanya menjelaskan tentang beberapa perubahan wujud benda dan melakukan percobaan dengan alat dan bahan seadanya yaitu dengan media lilin dan kertas. sehingga siswa masih tampak kebingungan dan kuyrang berminat dengan apa yang sedang dipelajari karena percobaan hanya dilakukan sekali pada benda yang sering dilihat oleh siswa, sehingga siswa menjadi sulit untuk memahami tentang apa yang sedang mereka pelajari serta kurangnya keterampilan proses yang mereka miliki dalam memecahkan masalah. adapun tahapan tahapan yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan metode yaitu : 1) persiapan, 2) pelaksanaan, 3) penutup. kata kunci : penerapan metode eksperimen, mata pelajaran IPA
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011