SKRIPSI

Penulis / NIM
ADI SURAHMAT / 151411067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Adi Surahmat. 151411067. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SDN 3 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo,Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr.Zulaecha Ngiu,M.Pd dan Pembimbing II Dra Elmia Umar,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Faktor-faktor apa saja yang mempengararuhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 3 tilango kecamatan Tilango kabupaten gorontalo.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 3 Tilango.Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi,wawancara,dan dokumentasi.Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah,guru kelas,dan siswa kelas VSDN 3 tilango. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa proses pembelajaran di kelas V sudah cukup maksimal,karena adanya upaya guru dalam memotivasi belajar siswa.Upaya tersebut berupa dorongan dan semangat guru terhadap siswa,dan siswa mulai tertarik untuk belajar mata pelajaran PKn. Kata kunci : Faktor-faktormotivasibelajarsiswa Adi Surahmat. 151411067. Factors Affecting the Low Motivation of Student Learning in PKn Subjects in Class V of SDN 3 Tilango District of Tilango Gorontalo Regency, Thesis. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Horizontal State University. Advisor I Dr.Zulaecha Ngiu, M .Pd and Advisor II Dra Elmia Umar, M.Pd. The formulation of the problem in the research is any factors that influence the low motivation of student learning in Civics subjects in class V SDN 3 Tilango Tilango sub-district Gorontalo.The purpose of this study is to determine the efforts of teachers in motivating students in learning activities in Civics subjects in class V SDN 3 Tilango.The method used in this study is a qualitative descriptive approach. This study uses data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The sample of this study is the principal, class teacher, and students of class 3 VSDN Tilango. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the learning process in class V is quite maximal, because of the efforts of teachers to motivate student learning. The effort is in the form of encouragement and enthusiasm of teachers towards students, and students are interested in learning PKn subjects. Keywords: Factors motivational learning students
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011