SKRIPSI

Penulis / NIM
RATNA NURHIDAYATI / 151411069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK RATNA NURHIDAYATI 2015. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing 1 Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si Dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan CTL pada mata pelajaran IPA Di kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo ?". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan CTL pada mata pelajaran IPA Di SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan CTL. Pendekatan CTL yakni keterkaitan setiap materi atau topik pembelajaran dalam kehidupan nyata siswa. Penelitian deskriptif kualitatif yang dikenai tindakan adalah guru kelas V. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara bahwa guru menggunakan pendekatan CTL sesuai dengan langkah-langkah pendekatan tersebut yakni mengembangkan pemikiran siswa, menggunakan kegiatan inkuiri, mengembangkan rasa ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar (kelompok belajar), menngunakan model pembelajaran, melakukan refleksi di akhir pembelajaran, melakukan penilaian sebenarnya diakhir pembelajaran, maka guru menemukan hambatan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan yang guru hadapi di dalam kelas maka guru melakukan penerapan pendekatan CTL pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo yakni memberi penguatan, melakukan praktek tetang materi sifat-sifat cahaya, menggunakan media yang menarik, menggunakan model pembelajaran, memberi motivasi sudah optimal. Kata Kunci : Penerapan, Pendekatan, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011