SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR STIVANIE BALU / 151411075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Nur Stivanie Balu. 2015. Kemampuan Siswa Menulis Dialog Menggunakan Media Gambar Seri Di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis dialog siswa menggunakan media gambar seri di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga data yang terkumpul baik melalui observasi, wawancara, tes dan dokumen-dokumen, kemudian digambarkan dalam bentuk kata-kata dengan terlebih dahulu menganalisis secara tajam terhadap data yang dikumpulkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo tersebut, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu menulis dialog menggunakan media gambar seri. Dari 19 siswa, terdapat 12 siswa (63,15%) yang sudah mampu, dan terdapat 4 siswa (21,05%) yang kurang mampu dan 3 siswa (15,79%) tidak mampu menulis dialog menggunakan media gambar seri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis dialog menggunakan media gambar seri di Kelas V SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo sudah baik. Karena sudah sebagian besar siswa sudah mampu menulis dialog. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis Dialog, Media Gambar Seri. ABSTRACT Nur Stivanie Balu. 2015. The Ability of Writing Dialogue by Using Image Series Media In Fifth Grade at SDN 3 Telaga Gorontalo district. Skripsi. Primary School of Education Department, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Dajani Suleman, M.Hum and Advisor II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd., M.Pd. This study aims to determine students ability to write dialogue by using image series media in fifth grade at SDN 3 Telaga Gorontalo district. The subject in this study was all students of fifth grade namely 19 students. This study used a qualitative approach to collect the data through observation, interviews, tests and documents, then described that in the form of wordsfirst by deeply analyzed of data collected. From the results of the study which was conducted by researcher in Fifth Grade at SDN 3 Telaga Gorontalo district shows that most of the students have been able to write dialogue by using image series media. From the 19 students, there are 12 students or 63,15 % are already capable of writng the dialogue, and there are 4 students or 21,05 % less capable and 3 students or 15,79 % were not able to write dialogue by using image series media. Thus, it can be concluded that the ability to write dialogue by using image series media in Fifth Grade at SDN 3 Telaga Gorontalo district has been good. It is because most students had been able to write dialogue. Keywords : Ability, Writing Dialogue, Image Series Media.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011