SKRIPSI

Penulis / NIM
GINANGSIH MOHAMAD / 151411076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Ginangsih Mohamad, 2015. Peran Guru Dalam Mengatasi Siswa Bermasalah Pada Pembelajaran IPS Di SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag., MA Permasalahan dalam penelitian ini adalah ".Bagaimana Peran Guru Dalam Mengatasi Siswa Bermasalah di SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi siswa bermasalah di SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu dalam sebuah lembaga sekolah tidak lepas dari adanya peran guru dalam pendidikan. Karena peran guru sangat diperlukan untuk membantu para siswa dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dengan mengarahkan siswa pada perilaku yang lebih positif, harmonis, dan memberi motivasi belajar pada siswa. Seorang siswa dikategorikan sebagai anak yang bermasalah, apabila ia menunjukan gejala-gejala penyimpangan seperti prestasi belajarnya rendah, kurang berminat pada bidang studi tertentu, melanggar tata tertib, membolos, terlambat masuk sekolah, pendiam, dan menyendiri atau kurang bergaul. Menyadari hal tersebut guru dituntut untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh sisiwa. karena pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang mempunyai peranan penting dalam membentuk mental generasi mendatang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat diperlukan dalam mengatasi siswa bermasalah, sebab segala sesuatu yang terjadi kepada siswa tentunya tidak lepas dari pengamatan guru, sehingga apa yang terjadi kepada siswa haruslah mendapatkan solusi dari guru itu sendiri bukan dari orang lain. Kata Kunci : Guru, Siswa Bermasalah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011