Penulis / NIM
MURTIYATI MOTOTA / 151411077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Murtiyati Motota, 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Komunikasi di Kelas II SDN 08 Paguat Kecamatan Pohuwato. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Kemampuan Siswa Membaca Permulaan di SDN 08 Paguat Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui pendekatan komunikasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui pendekatan komunikasi pada siswa kelas II SDN 08 Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui dua siklus.
Data hasil observasi awal, dari 20 orang siswa terdapat 40% atau 8 orang siswa yang dapat membaca dengan baik, sementara siswa tingkat membacanya masih rendah jumlahnya sebanyak 12 orang siswa atau 60%. Kemudian pada siklus I, bahwa kemampuan siswa yang tuntas hanya mencapai 60% atau 12 orang siswa. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa meningkat sebesar 85% atau 17 orang siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa melalui pendekatan komunikatif di kelas II SDN 08 Paguat Kabupaten Pohuwato.
Kata kunci :Kemampuan, Membaca permulaan, Pendekatan Komunikatif
Download berkas