Penulis / NIM
MISRAWATI DALANGGO / 151411079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Misrawati Dalanggo. 2015. Studi tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan siswa belajar membaca lancar pada siswa kelas III SDN 3 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ibu Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II ibu Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apa Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca Lancar dan Bagaimana Upaya yang Dilakukan oleh Guru dalam Mengatasi Siswa tidak dapat Membaca Lancar di SDN 3 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?" Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dimana peneliti ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada guru mengajar sedangkan wawancara dilakukan pada siswa.
Hasil penelitian bahwa yang paling dominan dan mempengaruhi siswa yang tidak tahu membaca disebabkan guru tidak memberikan motivasi dalam belajar membaca sebesar 23,80%, Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jawab dalam hal membaca sebesar 23,80%, orang tua tidak memberikan dukungan kepada siswa untuk belajar membaca di rumah sebesar 90,47%, siswa tidak mendapatkan perhatian dalam hal membaca dari orang tua sebesar 71,42%, siswa tidak mendapatkan informasi dalam bacaan disebabkan siswa tidak mengerti sebesar 28,58%. Cara mengatasi berdasarkan presentase hasil wawancara jumlah presentase dalam guru menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kelas mencapai 100%, , guru mengupayakan siswa betah berada di dalam kelas mencapai 95,24%, guru berupaya agar siswa selalu untuk menyukai guru yang mengajar sebesar 95,23%, guru berupaya untuk memberikan semua pelajaran dengan baik agar siswa suka dengan pelajaran membaca sebesar 90,47%, guru memberikan informasi tentang tanda baca sebesar 66,66%, guru selalu mengulang bacaan sehingga siswa selalu mengingat sebesar 66,66%.
Kata kunci: peran guru dan kesulitan belajar siswa
ABSTRACT
Misrawati Dalanggo. 2015. Studies on the role of teachers in overcoming the difficulties students learn to read fluently in third grade students of SDN 3 Ponds Ponds District of Gorontalo district. Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Supervisor I Dra. Hj. Salma Halidu, S. Pd, M. Pd and supervising II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
The problem in this research is "what is the role of teachers in overcoming learning difficulties students to read fluently and how the efforts made by teachers in addressing students can not read fluently at SDN 3 Telaga Telaga District of Gorontalo district?" The research method is a case study in which researchers included in the category of descriptive research. Data collection technique used observation and interview techniques. Observations made on teachers teach while interviews were conducted on the students.
Results of the study that the most dominant and affect students who do not know how to read is because teachers are not motivated to learn by 23.80%, teachers do not give students the chance to ask for as much as 23.80%, parents do not provide support for students to learn read amounting to 90.47%, the students do not memdapatkan more attention from parents by 71.42%, the students do not get the information in the readings caused students do not understand at 28.58%. How to cope with the percentage based on the results of the interview in which the amount in the percentage of teachers create a fun atmosphere in the class reaches 100%, the teacher seeking students feel at home in the classroom peak at 95.24%, the teacher always strives to enable students to love the teacher at 95, 23%, teachers strive to provide all lessons well so that students love to the lesson of 90.47%, the teacher provides information about the punctuation of 66.66%, uru always repeat readings so that students always remember 66.66%.
Keywords: the role of teachers and students' learning difficulties
Download berkas