Penulis / NIM
RAHMAWATI HUSAIN / 151411082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Husain.2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I, Prof.Dr.H.Abd. Haris PanaI,S.Pd,M.Pd dan pembimbing II.Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah BagaimanakahPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk MendeskripsikanPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas III SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan yang digunakandalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian bahwa guru sudah benar-benar menerapkan model pembelajaran numbered heads togetherdengan baik pada pembelajaran IPA. Hal ini telihat dari : 1) Guru melakukan tahap persiapan, 2) Melakukan pembentukan kelompok, 3) Menyediakan buku paket atau buku panduan, 4) Melakukan diskusi masalah, 5) Melakukan pemanggilan nomor anggota atau pemberian jawaban, 6) Memberikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Pembelajaran IPA di kelas III SDN 9 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango telah diterapkan sesuai dengan pedoman dan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif.
Download berkas