Penulis / NIM
LYDIA MAHYUDIN JAHJA MALOPPO / 151411089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Lydia M.J Maloppo. 2015 Penerapan Brainstorming Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 03 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan pendididkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah "Bagaimanakah Penerapan Metode Brainstorming Pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 03 Telaga Kabupaten Gorontalo?" Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode brainstorming pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 03 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tehknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan brainstorming pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 03 Telaga Kabupaten Gorontalo skor persentase 75%-80% di tiap indikatornya. Kesimpulannya yaitu dengan adanya metode brainstorming dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas IV SDN 03 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci :Pembelajaran IPA, metode, Brainstorming.
Download berkas