Penulis / NIM
CINDRAWATI RAHMAN / 151411090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Cindrawati Rahman. 2015. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Kelas V SDN 6 Limbo Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abd. Haris PanaI, M. Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M. Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat?". Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Jika pelaksanaan siklus I belum maksimal maka selanjutnya diadakan siklus II.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika guru menerapkan metode eksperimen di kelas V SDN 6 Limboto Barat maka hasil belajar siswa akan meningkat. Indikator kinerja ditetapkan dengan KKM 70% maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 6 Limboto Barat dalam pembelajaran IPA meningkat menjadi 84%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode eksperimen hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 6 Limboto Barat kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat-sifat Cahaya, Metode Eksperimen
Download berkas