Penulis / NIM
TISKA LAYUHIBU / 151411091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Tiska Layuhibu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IV SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone BolangoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV, penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling.. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa pada kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang diuji validitas dan realibilitasnya. Pengujian hipotesis dengan uji t test yang dilakukan, diperoleh harga thitung sebesar 8,02 dan data yang diperoleh berdasarkan distribusi ttabel sebesar 1,72. Jika dibandingkan hasil antara thitung dengan ttabel maka harga thitung lebih besar dari harga ttabel. Sehingga hasil pengujian hipotesis menerima Ha, karena nilai thitung > ttabel. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif, make a match, hasil belajar
Download berkas