Penulis / NIM
PUSPA SABIDULLAH / 151411096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Puspa Sabidullah, 2015. Kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 84 kota tengah kota gorontalo. Jurusan pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas ilmu pendidikan, Universitas negeri gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi M.Si dan Pembimbing II Samsi pomalingo S,Ag, MA.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 84 kota tengah kota gorontalo?" dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 84 kota tengah kota gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas di Kelas IVb kurang optimal karena dalam proses belajar mengajar berlangsung cara guru mengajar hanya berfokus didepan kelas (guru tidak menguasai kelas). misalnya guru tidak memperhatikan siswa yang dibelakang sehingga untuk membangun interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa belum terjalin dengan baik. untuk itu kemampuan guru dalam mengelola kelas dapat membantu dalam mengatasi masalah atau kendala dalam pengelolaan kelas agar guru maupun siswa terjalin interaksi dalam proses belajar mengajar. dari masalah-masalah tersebut ada beberapa solusi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan memusatkan perhatian kepada siswa dan mengajak semua siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci : Kemampuan, Mengelola kelas
Download berkas