Penulis / NIM
YUNINGSIH / 151411098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Yuningsih. 2015. Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi belajar Pada Siswa
Dalam Proses Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 6 Tolangohula. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, M,Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengungkapkan permasalahan terhadap
faktor penyebab rendahnya motivasi belajar pada siswa dalam proses
pembelajaran IPA di kelas IV SDN 6 Tolangohula.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA dan juga untuk mengetahui solusi terhadap permasalahan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV SDN 6 Tolangohula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan penelitian maka penulis menggunakan teknik melalui format wawancara tidak terstruktur yang disusun sesuai indikator dengan tujuan untuk memperoleh data tentang faktor penyebab rendahnya motivasi belajar pada siswa dalam proses pembelajaran IPA, yang dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Tolangohula. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis dapat menyimpulkan
bahwa motivasi belajar ini sangat penting bagi siswa dan guru karena dengan adanya motivasi ini bisa membantu keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar.
Kata Kunci : Guru, Siswa, Motivasi, Belajar
Download berkas