Penulis / NIM
HALID HASAN / 151411101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
HALID HASAN.2015. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Kabila. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Sukirman Rahim S.Pd, M.Si, dan pembimbing 2 Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Kabila,sumber data yang diperoleh adalah dari guru kelas IV, kepala sekolah, serta sumber pendukung lainnya yang berkaitan dengan penelitian merupakan data Primer dan Sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif.
Berdasarkan pembahasan tentang penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Kabila maka, Penerapan KTSP di SDN 1 Kabila dan penyusunan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran IPA telah mempunyai pedoman yang ditentukan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Sehingga guru hanya melaksanakannya saja. Materi yang disampaikan oleh guru SDN 1 Kabila telah disesuaikan dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan, hal ini disebabkan adanya panduan yang diberikan untuk dikembangkan dalam materi dan bahan pelajaran yaitu silabus. Materi yang diterapkan guru SDN 1 Kabila disesuaikan dengan kurikulum KTSP tetapi dengan kendala yang ada dihadapi guru dalam penerapan KTSP adalah siswa yang kurang menerima materi dengan baik yaitu siswa yang ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Pengembangan materinya juga sudah sesuai dengan kurikulum berbasis KTSP seperti materi yang bisa mempengaruhi lainya yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa, sumber belajar yang diambil guru sesuai dengan buku dan kebutuhan siswa, dan jenis penilaian yang dilakukan guru disesuaikan dengan materi yang disampikan. Menjawab soal esai begitu pula dengan prakteknya.
Kata Kunci : Penerapan, KTSP dan Pembelajaran IPA
Download berkas