Penulis / NIM
LINA PUSPITA SARI / 151411103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
LINA PUSPITASARI. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris mahmud S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran IPS di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, dalam materi pembelajaran jenis-jenis pekerjaan di kelas III dan teknologi produksi tradisional dan modern di kelas IV dengan menerapkan model make a match memberikan dampak yang baik, siswa mampu meningkatkan peran aktif dan kerjasama seluruh siswa dalam pembelajaran di kelas melalui kegiatan mencari pasangan berdasarkan kartu yang dipegang oleh masing-masing siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran jenis-jenis pekerjaan di kelas III dan teknologi produksi tradisional dan modern di kelas IV dengan menerapkan model make a match telah berhasil dilaksanakan pada siswa kelas III dan IV di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Model Make A Match, Pembelajaran IPS
Download berkas