Penulis / NIM
MARYAM KATILI / 151411107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Katili. 2015. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Sederhana Dengan Model Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV SDN 6 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd,M.Pd, 2. Hj. Sumarni Mohamad,S.Pd,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa menulis kalimat sederhana di kelas IV SDN 6 Telaga Kab. Gorontalo dengan menentukan subjek, predikat, dan objek di kelas IV dapat ditingkatkan melalui model Numbered Head Together? Adapun tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat sederhana dengan model Numbered Head Together di kelas IV SDN 6 Telaga Kab. Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan tehnik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi.
Pada observasi awal siswa yang mampu menulis kalimat sederhana hanya 6 orang (23%). Setelah dilakukan siklus I meningkat 12 orang (46%) dengan presentase 73,96%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 24 orang (92%) dengan presentase 84,96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hal ini sudah memenuhi indikator kinerja yang diharapkan.
Download berkas