Penulis / NIM
ERLANGGA PRASETIA MONOARFA / 151411108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Erlangga Prasetia Monoarfa. 2016. "Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pelajaran PKn Pada Siswa Kelas III SD CokroAminoto Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat". Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing :
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran PKn di SD CokroAminoto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Pada proses penelitian di dapat beberapa hal yang memepengaruhi nilai karakter siswa yang ada, utamanya dilihat dari lingkugan sekolah dan juga di dalam kelas. Dengan diadakannya proses wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap guru yang ada di sekolah tersebut didapatkan hasil bahwa dalam pembinaan siswa untuk menumbuhkan karakter mereka yakni dengan pembiasaan dalam kelakukan mereka sehari-hari. peran kepala sekolah sangat penting, diantaranya yakni dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah tersebut harus sesuai dengan tataran kurikulum yang berlaku. Dengan demikian beberapa cara yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai karakter diri siswa di SD Cokroaminoto sebagian telah dilaksanakan pada awal pembelajaran, adapun hal lain yang ditanamkan kepada siswa berkembang pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam menanamkan dan mengembangkan karakter diri siswa khususnya dalam pelajaran PKn yakni dengan membrikan tindakan motivasi kepada siswa agar siswa mempunyai kemampuan dalam merubah sikap mereka yang tadinya bertentangan dengan aturan yang ada, tentunya hal ini tidak lepas dari pengawasan Kepala Sekolah sebagai pimpian, guru kelas sebagai motivator utama dalam menerapkan nilai-nilai karakter terhadap siswa, serta kesadaran diri siswa itu sendiri
Kata Kunci : Nilai Karakter, Pembelajaran PKn.
Download berkas