Penulis / NIM
SUNARTI THALIB / 151411109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Sunarti, Thalib. 2015. Peguatan Verbal dan Non Verbal Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas II Dan V SDN No 14 Kota barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul. Haris Panal, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penguatan verbal dan penguatan non verbal dalam pembelajaran IPA di kelas II dan V SDN No 14 Kota Barat Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan verbal dan non verbal dalam pembelajaran IPA di kelas II dan V SDN No 14 Kota Barat Kota Gorontalo, dengan penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, peguatan guru dalam pembelajaran di kelas II dan V SDN No 14 Kota Barat terdiri dari penguatan verbal dan non verbal. Penguatan verbal dilakukan dengan memberikan penghargaan kepada tingkah laku siswa dengan kata-kata maupun kalimat pujian dengan memperhatikan pada prinsip pemberian penguatan. Penguatan non verbal dilakukan dengan memperlihatkan mimik dan gerak badan seperti senyuman yang di sertai dengan tepuk tangan. Gerak mendekati dengan cara bediri di samping siswa yang sedang menyelesaikan tugas yang diberikan. Penguatan dengan sentuhan dilakukan dengan menepuk pundak dan menjabat tangan siswa. Penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk berani tampil di depan kelas atau memimpin teman-temannya dalam menyelasikan tugas. Penguatan dengan simbol atau benda diberikan guru dengan memberikan simbol bintang pada siswa dan memberikan hadiah.
Kata Kunci: Penguatan, Verbal dan Non Verbal
Download berkas