Penulis / NIM
NI KADEK SANTIANI / 151411115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Ni Kadek Santiani, 2015. Deskripsi Penerapan Teori Belajar Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Bentuk Pengurangan di Kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana deskripsi penerapan teori belajar Polya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan bentuk pengurangan pada siswa kelas V SDN 6 Tilongkabila". Dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori belajar Polya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan bentuk pengurangan pada siswa kelas V SDN 6 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah mengajarkan dengan baik teori belajar Polya sehingga siswa mampu menerapkan teori belajar Polya dalam menyelesaikan soal cerita pecahan bentuk pengurangan. Dengan menerapkan teori belajar Polya ini maka siswa memperoleh hasil penyelesaian yang sesuai dengan apa yang ditanyakan dalam soal. Siswa menerapkan keterampilan berhitung untuk menentukan KPK dari penyebut pecahan, mengubah tiap pecahan menjadi pecahan senilai dengan penyebut sesuai KPK dan melakukan pengurangan terhadap pembilangnya. Hal tersebut dapat dilihat atau diamati dengan jelas ketika proses pembelajaran, guru telah menerapkan dan siswa telah memahami langkah-langkah Polya. Langkah Polya terdiri dari 4 langkah yakni memahami soal cerita, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, bahwa teori belajar Polya merupakan salah satu teori yang tepat diterapkan guru dalam pembelajaran matematika untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu, dengan teori Polya kegiatan belajar yang dilakukan siswa di dalam kelas menjadi terarah. Hasil penyelesaian siswa berdasarkan teori belajar Polya jika dipersentasekan pada masing-masing langkahnya maka diperoleh hasil penyelesaian siswa yaitu pada langkah memahami masalah yaitu 73%, langkah membuat rencana penyelesaian yaitu 64%, langkah melaksanakan penyelesaian yaitu 64% dan langkah memeriksa ulang jawaban yang di peroleh yaitu 64 %.
Kata kunci : Pecahan, Soal Cerita, Pengurangan, Penerapan Teori Polya
Download berkas