Penulis / NIM
FADLI MATARA / 151411117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Fadli Matara 2016. Analisis Penggunaan Imbuhan pada Narasi Bahasa Gorontalo Siswa Kelas IV di SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah penggunaan imbuhan pada narasi bahasa Gorontalo siswa kelas IV di SDN 10 Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo". Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Yang menjadi objek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 19 orang.
Hasil penelitian tentang analisis penggunaan imbuhan pada narasi bahasa Gorontalo, dari 19 orang siswa, 12 orang siswa tepat mampu menentukan penggunaan imbuhan bahasa Gorontalo hasil (63,15%), 6 orang kategori kurang tepat (31,57%), dan 1 orang siswa kategori tidak tepat dalam menentukan penggunaan imbuhan bahasa Gorontalo (5,26%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 10 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo telah mencapai hasil sesuai yang diharapan dalam pembelajaran menulis narasi bahasa Gorontalo.
Kata Kunci: Analisis, Penggunaan Imbuhan, Narasi Bahasa Gorontalo
Download berkas