Penulis / NIM
FATMAH KANTU / 151411121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Fatmah Kantu, 2015. Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra Hj.Hakop Walangadi M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S,Ag, MA.
Masalah dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran IPS, 2. Apa Saja Yang Menjadi Kendala Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran IPS, 3. Bagaimana Solusi Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS, Mendeskripsikan solusi yang ditempuh guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriftif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriftif kualitatif yaitu kreativitas guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo hasil penelitian berdasarkan wawancara serta dokumentasi. Kreativitas guru sudah seperti yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang terdapat ditemuan umum dan khusus. Simpulan dari penelitian ini adalah kreativitas guru dalam mengelola kelas dapat membantu guru dalam mengatasi masalah di kelas dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS.
Kata Kunci : Kreativitas guru, Mengelola Kelas
Download berkas