Penulis / NIM
CHRISTI DEVIANI MOKODOMPIS / 151411128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Christi Deviani Mokodompis,2016. Pengaruh Model Pembelajaran Children's Learning Sciences (CLIS) Terhadap HasilBelajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN No.42 Hulonthalangi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran children's learning sciences (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN No.42 Hulonthalangi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children's learning sciences (CLIS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN No.42 Hulonthalangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perbedaan rata-rata antara tes prettest sebelum diberi perlakuan dan tes possttest setelah diberi perlakuan, dimana tes prettest dengan rata-rata sebesar 45,74 dan tes posttest dengan nilai rata-rata 76,33. Dengan hal ini terbukti dengan menggunakan model CLIS dalam pembelajaran IPA, hasil belajar siswa meningkat. Model CLIS ini membantu guru dalam mempermudah menyalurkan materi, sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran, terbukti dengan hasil perbedaan rata-rata antara tes prettest sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan.
Kata Kunci :Model CLIS, hasil belajar, Pembelajaran IPA.
Download berkas