SKRIPSI

Penulis / NIM
ILYAS IRAWAN ADAY / 151411133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK Ilyas Irawan Aday, NIM. 151 411 133. "Pengaruh Pengajaran Remedial terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 03 Telaga Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd,M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd,M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat Pengaruh Pengajaran Remedial terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas IV SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel dalam penelitian ini terbagi atas dua yakni variabel X adalah pengajaran remedial dan variabel Y adalah ketuntasan belajar, desain penelitian One Group. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji t-independent. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa sebanyak 43 yang terdiri dari jumlah siswa kelas IV A sebanyak 21 orang dan kelas IV B sebanyak 22 Orang. sample dalam penelitian ini adalah jumlah siswa sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengajaran remedial dapat memberikan pengaruh positif terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat di lihat pada data penelitian tentang pengajaran remedial diperoleh skor rata-rata nilai siswa kelas IV adalah 77,78 melalui evaluasi kedua sedangkan skor rata-rata nilai siswa sebelum pengajaran remedial adalah 63,27 diperoleh melalui evaluasi awal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran remedial dapat memberikan pengaruh positif terhadap ketuntasan belajar siswa. Kata Kunci : Pengajaran Remedial, Ketuntasan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011