Penulis / NIM
DELVIN MUTHMAINNAH RAUF / 151411134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Delvin Muthmainnah Rauf, 2015. Peran Peran Guru Dalam Mengatasi Siswa Yang Indisipliner Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "bagaimana peran guru dalam mengatasi siswa yang indisipliner pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Kabupaten Gorontalo, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi siswa yang indisipliner pada mata pelajaran IPS di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini yaitu dalam mengatasi siswa yang sering melakukan indisipliner dalam kelas, seorang guru tidak perlu menggunakan kekerasan, sebab dengan cara kekerasan seperti memukul siswa itu dampaknya pada siswa itu sendiri, yang mana siswa tersebut akan bertambah nakal. Apabila masih ada siswa yang indisipliner guru berikan peringatan atau hukuman-hukuman ringan, misalnya jika ada siswa yang ribut saat pembelajaran berlangsung, siswa tersebut harus mengulangi apa yang dijelaskan guru. Jadi seorang guru harus menyikapinya dengan cara guru harus memberikan nasehat, motivasi agar mereka lebih senang belajar dalam kelas dan tidak melakukan perilaku indisipliner. Dan juga guru memberikan pujian-pujian atau penghargaan atas apa yang telah mereka capai tanpa memilih-milih siswa. Selain itu kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa sangat diperlukan untuk mengatasi siswa yang indisipliner.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat diperlukan dalam mengatasi siswa yang indisipliner, sebab segala sesuatu yang pada siswa tidak lepas dari pengamatan seorang guru yang ada didalam kelas. Sehingganya masalah yang dihadapi oleh siswa haruslah mendapatkan solusi dari guru yang bersangkutan dan pihak sekolah.
Kata Kunci : Peran Guru, Siswa Indisipliner, Pembelajaran IPS
Download berkas