Penulis / NIM
SITTI NUR'AIN RAUF / 151411136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Sitti Nur'ain Rauf, 2015. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Study Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Study Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPA Di kelas IV SDN 4 Botupingge. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh informasi tentang efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Botupingge, terlihat saat proses pembelajaran berlangsung, guru mampu melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sesuai prosedur dan tahap-tahap pelaksanaannya serta guru sudah memiliki syarat pengajaran efektif diantaranya pelajaran yang distrukturisasikan dengan baik, presentasi yang terstruktur dan jelas, modelling, penggunaan pemetaan konseptual, dan tanya jawab interaktif. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Botupingge Kabupaten Bone Bolango sudah efektif.
Kata Kunci: Efektifitas, Pembelajaran Kooperatif, STAD, IPA
Download berkas