Penulis / NIM
SUPATMIN K. DESEI / 151411140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Supatmin K.Desei, 2015. Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan KIT IPA Di SDN 1 Kayuogu Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan Kreativitas Guru dalam Memanfaatkankan KIT IPA Di SDN 1 Kayuogu Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkankan KIT IPA Di SDN 1 Kayuogu Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang berlangsung selama dilokasi, melakukan perbandingan data, dan mencari faktor untuk peneliti jadikan sebagai pendukung untuk melengkapi data. Dalam penelitian kualitatif analisis data dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan.
Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa kreativitas guru di SDN 1 Kayuogu Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongonow Utara dalam memanfaatkan KIT IPA masih kurang optimal. Hal ini dilihat dari kondisi alat peraga dan keterbatasan alat peraga terutama KIT IPA yang ada di sekolah tersebut akan tetapi mereka akan berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara mengganti alat peraga dengan media gambar yang berkaitan dengan materi dalam proses pembelajaran, dengan adanya keterbatasan alat peraga kreativitas guru untuk merancang dan memanfaatkan benda-benda disekitar untuk dipadukan dengan alat peraga masih belum terlihat. Simpulan dari penelitian ini adalah diperlukan kreativitas guru dalam memanfaatkan KIT IPA dapat membantu guru dalam mengatasi masalah dalam proses pembelajaran yang menggunakan alat peraga.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, KIT IPA
Download berkas