Penulis / NIM
YULDA PAKAYA / 151411141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Yulda Pakaya. 2015.Penerapan Model Contextual Teaching and Learning. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr.Sukirman Rahim M.Si dan Pembibing II, Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan yaitu bagaimana penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 01 Kayuogu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan harapan memberikan gambaran yang jelas tentang penerapan model contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 01 Kayuogu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Berdasarkan pengamatan peneliti, peneliti dapat memberi kesimpulakan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 1 Kayuogu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sudah tergolong baik hal ini di buktikan dengan cara guru menerapkan model Contextual Teaching and Learning yang sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah model Contextual Teaching and Learning yaitu meliputi: 1) Guru mengembangkan pemikiran siswa dengan belajar sendiri dan menemukan sendiri ketrampilannya 2) Guru telah melaksanakan kegiatan inquiri yaitu dengan membawa siswa keluar kelas untuk mengamati tanaman di sekitar sekolah. 3) Guru mengembangkan rasa ingin tahu siswa bertanya mengenai tanaman yang diamatinya 4) Guru membagi bebrapa siswa dalam bentuk kelompok . 5) guru menghadirkan model sebagai tahapan dalam pembelajaran. 6) Guru telah melakukan refleksi kepada siswa di akhir pembelajaran. 7) Guru telah melakukan penilaian hasil belajar untuk mengetahui hasil yang telah dicapai masing-masing siswa.
Kata Kunci : Penerapan Model CTL, Pembelajaran IPA
Download berkas